Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM)

Oleh Admin 08 September 2020, 12:06:09 WIB

 

 

Kem Tikalak yaitu Kelompok Ekonomo Masyarakat disebut juga dengan (KEM ) yang berada di Jorong Pasir Nagari Tikalak, Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok Sumatera Barat. KEM Tikalak telah menuai hasil setelah selama dua tahun berjuang beralih protesi menjadi petani dengan membudidayakan pepaya, mereka telah mampu meraup penghasilan berkisar Rp 10 juta hingga 30 juta dalam sebulan.

Memiliki luas 5 Hektar, Lokasi berada di ketinggian +- 570 mdpl dan memeiliki hawa sejuk, panorama yang menawan dengan view danau Singkarak,Berdekatan dengan Objek Wisata Dermaga Danau Singkarak dan memiliki makanan khas ikan bilih, pangek bilih, randang pensi dan dendeng pensi dari danau Singkarak. Dengan penunjang Alam yang masih narural,Listrik dan jalan setapak.

Melalui bantuan hibah PT. Pertamina kelompok yang beranggotakan 22 orang tersebut pada awalnya mencoba membudidayakan pepaya Varietas Merah Delima, yang kini lebih dikenal dengan pepaya Tikalak.

Foto


Lokasi Peta


HOTEL PALAPA PRIMA



Hotel Palapa merupakan salah satu hotel yang ada di Kabupaten Solok yang menawarkan kamar dengan harga yang terjangkau bagi wisatawan. Hotel ini berlokasi ± 1 Km dari kantor Wali Nagari Tikalak Kecamatan X Koto Singkarak dan juga dekat dengan objek wisata disekitarnya. Untuk ke lokasi hotel bisa menggunakan Bus besar karena hotel berlokasi di Jalan Lintas Solok-Bukittinggi.

Objek wisata terdekat dari lokasi ini adalah Ketaping Indah Tikalak/KEM Tikalak, Pantai Tanjung Lurah Tikalak, Taluak Indah Tikalak. Untuk ke lokasi membutuhkan waktu perjalanan ± 1 jam 25 menit dari Kota Solok.

PETA HOTEL