Peluang Investasi Sektor Pariwisata Danau Singkarak

Oleh Admin 05 Agustus 2020, 11:29:54 WIB

 

 

Kawasan Danau Singkarak terletak diantaraa dua daerah yakni yakni Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Memiliki luas 129,70 Km2 yang merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Danau Singkarak dapat ditempuh dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) melalui dua arah, yaitu melalui Kota Padang Panjang dengan jarak tempuh 77 Km dalam waktu 2 jam perjalanan, dan melalui Kota Padang dengan jarak tempuh 92 Km dalam waktu 2,5 jam.

Danau Singkarak dikenal dengan ikan spesifiknya yaitu ikan bilih (Mystacoleucus Padangensis Bleeker). Ikan bilih merupakan ikan endemik dan ikon Danau Singkarak yang menjadi oleh-oleh khas Solok. Pengunjung dapat mengitari danau dengan menggunakan boat sewaan yang tersedia di Dermaga Singkarak. Danau ini mempunyai fasilitas penunjang seperti area bermain, teluk yang indah, rest area dan lokasi paralayang di Tanjung Alai.

Para pecinta paragliding dapat mengunjungi lokasi paralayang di Para Puncak Tanjung Alai sebagai lokasi untuk melakukan olahraga uji nyali berupa paralayang dimana lokasi landing berada di Nagari Tikalak. udara, paragliders dapat dipuaskan dengan keeksotisan hamparan sawah Dari dan keindahan Danau Singkarak yang luar biasa. Terletak di ketinggian +-1.000 mdpl dan berada 7 Km dari Danau Singkarak.


   



LOKASI PETA